Tuesday, December 2, 2014

Istilah - Istilah Dalam Reksa Dana

istilah reksa dana untuk calon investor
NAB (Nilai Aktiva Bersih)
NAB adalah suatu besaran jumlah dana yang dikelola oleh sebuah Reksa Dana. Dalam bahasa inggris disebut juga sebagai Net Asset Value (NAV), sering terjadi salah kaprah didalam masyarakat kita yang menggap NAB adalah harga suatu Reksa Dana, padahal bukan.

NAB/UP (Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan)
NAB/UP adalah angka yang menyatakan sebuah harga pada suatu Reksa Dana, nilai inilah yang menjadi dasar setiap transaksi pada Reksa Dana. Investor baru bisa mengetahui harga baru sebuah Reksa Dana baru keesokan harinya sebelum pukul 12:00 siang setiap harinya, apabila transaksi dilakukan setelah pukul 12:00 siang, baru keesokan harinya lagi harga baru bisa diketahui.

KIK (Kontrak Investasi Kolektif)
Sebuah kontrak yang dilakukan oleh Manajer Investasi (sebagai pengelola suatu Reksa Dana)  dengan Bank Kustodian (Sebagai Penampung dana Reksa Dana yang dikelola oleh Manajer Investasi). Dikontrak ini disebutkan bahwa Manajer Investasi berwenang mengelola portofolio secara kolektif dan Bank Kustodian diberikan wewenang untuk menerima dana titipan secara kolektif.

Prospektus
Adalah sebuah pernyataan yang ditulis atau dicetak yang digunakan sebagai penawaran umum Reksa Dana yang bertujuan agar calon investor membeli unit penyertaan Reksa Dana, kecuali keterangan atau informasi yang didasarkan kepada peraturan BAPEPAM & LK dinyatakan bukan sebagai prospektus.

Capital Gain
Keuntungan yang didapat, dikarenakan adanya nilai selisih positif antara harga beli dengan harga jual. Artinya harga jual lebih tinggi daripada ketika harga beli.

UP (Unit Penyertaan)
Unit Penyertaan merupakan satuan yang dipakai di dalam investasi Reksa Dana, artinya ketika investor membeli Reksa Dana maka investor tersebut akan mendapatkan UP dari Manajer Investasi (MI), begitu juga sebaliknya ketika menjual Reksa Dana. Agar nilai investasi Reksa Dana investor semakin banyak maka harus memperbesar UP tersebut.

Subscription dan Redemption
Ketika investor membeli UP (Unit Penyertaan) maka itu disebut sebagai subscription dan ketika menjualnya kembali disebut dengan redemption.

Management Fee
Dana yang dikeluarkan oleh investor kepada pihak yang terkait kepada pengelolaan Reksa Dana. Seperti misalnya : Biaya Jasa MI, Biaya Bank Kustodian, Biaya Notaris dan lain sebagainya.

Biaya Jual & Beli
Ketika investor melakukan proses jual dan beli Reksa Dana maka disitu ada biaya yang harus dikeluarkan.

Efek
Kata sebutan untuk surat berharga antara lain saham, obligasi, surat utang, Reksa Dana dan semua turunannya.

Portofolio Efek
Kumpulan dari surat berharga atau efek yang di punyai oleh suatu pihak.






1 comment:

  1. You actually make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be actually something that I think I would never understand. It seems too complicated and very broad for me. I am looking forward for your next post, I'll try to get the hang of it! paypal login

    ReplyDelete