Friday, December 19, 2014

Bijak didalam Memilih Produk Reksadana

memilih produk reksa dana dengan bijak
Saat ini ratusan produk reksa dana dari berbagai jenis tengah ditawarkan kepada masyarakat Indonesia, semua produk tersebut dapat anda beli baik langsung kepada Manajer Investasi (MI) atau melalui agen penjualan resmi.
Dengan banyaknya jumlah reksa dana yang ditawarkan tersebut memberikan tantangan tersendiri kepada anda yang ingin menjadi investor reksa dana, walaupun anda bisa memperoleh prospektus secara gratis melalui MI atau agen penjualan, pastinya akan membuat anda pusing karena ratusa prospektus yang mesti dipelajari untuk memilih reksa dana.
Untuk mengurangi kebingunan anda untuk memilih reksa dana yang akan dibeli, berikut beberapa saran yang dapat anda ikuti :


  • Disversifikasi (pisah-pisahkan). High risk, high return adalah prinsip utama didalam berinvestasi, selain itu adalah melakukan disversifikasi (pemisahan), janganlah menaruh telur didalam satu keranjang. Hal ini juga berlaku pada reksa dana, berinveslah di reksa dana lebih dari satu dengan tingkatan resiko yang bertingkat, mulai dari yang paling rendah dan aman, menengah sampai tinggi. Hal ini berguna untuk meguatkan fundamental investasi dari masing-masing reksa dana yang anda miliki.
  • Jujur kepada diri sendiri. Lakukan investasi dimulai dengan berlaku jujur terhadap tingkat kenyamanan anda dalam berinvestasi, apabila anda tipe seorang yang konservatif, maka nyatakan hal tersebut. Apabila anda menganggap diri anda seorang risk taker alias agresif, tanyakan kepada diri anda, seberapa besar resiko yang dapat anda terima, lengkap dengan gonjang-ganjing pasar yang sangat dinamis. Lakukan pertimabangan juga terhadap social screening anda, seandainya anda mempunyai prinsip untuk tidak melakukan investasi  terhdap perushaan rokok, minuman keras atau hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan agama anda, maka ikutilah.
  • Performa masalalu bukanlah jaminan. Cobalah anda cari mengenai reksa dana yang akan dibeli di google, pastilah akan banyak bermunculan informasi mengenai performa reksa dana tersebut, hal ini bisa saja anda jadikan acuan didalam memilih reksa dana, tetapi tetaplah gunakan kehati-hatian mengenai hal ini, karena banyak juga reksa dana yang kinerjanya baik selama 3 tahun, tiba-tiba tidak lagi menunjukkan performa yang positif.
  • Biaya-biaya yang ada. Proses investai reksa dana membeli (subscription) dan menjual (redemption) akan timbul biaya yang harus dikeluarkan, atau ada juga reksadana yang menggratiskan biaya tersebut. Seakin kecil biaya maka semakin baik buat investasi reksa dana anda.


0 comments:

Post a Comment