Monday, December 22, 2014

Cara Membaca Fund Fact Sheet Reksa Dana

Salah satu dokumen yang dikeluarkan oleh manajemen investasi adalah Fund Fact Sheet, dokumen ini dikeluarkan setiap bulan. Fund fact sheet merupakan sebuah laporan singkat dari kinerja portofolio yang di kelola oleh MI tersebut.
Fund Fact Sheet juga merupakan salah satu dokumen yang digunkan oleh MI sebagai alat pemasaran reksadana, sebagai seorang investor ataupun calon investor harus mengetahui apa saja yang ditawarkan oleh MI didalam pengelolaan reksadana.
Berikut saya coba untuk memberikan contoh bagaimana cara untuk membaca fund fact sheet dari reksadana "Manulife Dana Ekuitas", contoh yang saya ambil berikut ini saya pilih secara random dengan cara searching dari google, jadi tidak ada maksud untuk melakukan promosi pada salah satu produk reksadana.

cara baca fund fact sheet reksadana



1. Tujuan Investasi

Tujuan investasi merupakan target MI didalam mengelola reksadana dan juga strategi yang digunakan didalam mengelola reksadana tersebut, sehingga nasabah mengetahui jenis dari reksadana tersebut.

2. Informasi mengenai reksadana

Informasi dari reksadana ini biasanya memuat tentang tanggal peluncuran, Nilai Aktiva Bersih (NAB), publikasi NAB (biasanya harian), mata uang yang digunakan, jenis reksadana, bank kustodian, biaya-biaya, NAB/unit per tanggal yang tertulis di fund fact sheet .

3. Informasi Mengenai Manajer Investasi

Didalam bagian ini biasanya memuat profile singkat dari perusahaan MI yang mengelola reksadana yang dimaksud tersebut, seperti halnya tentang perizinan, tanggal pendirian, ruang lingkup usaha serta dana kelolaan terkini.

4. Klasifikasi Resiko Reksadana

Pada bagian ini disebutkan tingkat resiko dari reksadana yang dikelola oleh MI tersebut, hal ini juga menggambarkan dari jenis reksadana apakah pasar uang, pendapatan tetap, campuran ataukah reksadana saham.

5. Grafik Performa

Grafik yang membandingkan performa dari reksadana yang dikelola oleh MI dengan benchmarknya. Sehingga bisa terlihat kinerja dari reksadana tersebut.

6. Lima Besar Penempatan Portofolio 

Pada bagian ini menggambarkan porsi 5 terbesar dari efek yang ditempatkan dalam portofolio reksadana yang di maksud per tanggal dari fund fact sheet . Dengan ini seorang investor dapat melihat seberapa baiknya manajer investasi mengelola reksadana dari segi penyebaran resiko. Apabila misalnya 5 besar efek yang ditempatkan diisi oleh saham-saham yang mengandung resiko tinggi padahal strategi yang di sebutkan pada tujuan investasi tidaklah demikian, maka investor berhak menanyakan hal tersebut kepada manajer investasi.
Pada bagian ini juga disebutkan komposisi pengalokasian dari sektor saham yang di tempatkan.

7. Alokasi Aset / Batasan Investasi

Didalam bagian ini memuat tentang alokasi aset atau batasan investasi reksadana yang dimaksud. Alokasi ini juga merupakan suatu kontrak yang sudah disepakati antara MI dengan bank kustodian sebagaimana telah di tulis didalam prospektus. Didalam informasi ini investor dapat melihat jenis aset yang dipilih serta rentang batas dari setiap aset yang dipilihnya tersebut.

8. Kinerja Historis

Pada bagian ini disajikan data kinerja historis reksadana dalam bentuk tabel untuk periode 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dari awal tahun berjalan, 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun dan dari semenjak penawaran (SI - Since Inception), dimana masing-masing periode dihitung mundur sejak tanggal dari yang tertulis di fund fact sheet.

9. Performa Reksadana Semenjak Penawaran

Pada bagian ini berisikan informasi dari rata-rata return pertahun, return terbaik serta return terburuk pada satu bulan semenjak dari reksadana ditawarkan sampai dengan tanggal yang tertulis di fund fact sheet.

10. Disclaimer

Disclaimer merupakan bagian yang diatur oleh OJK pada setiap bentuk iklan reksadana, dimana didalam disclaimer ini harus berisikan informasi sebagai berikut :

INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. CALON INVESTOR WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK BERINVESTASI MELALUI REKSA DANA. KINERJA MASA LALU TIDAK MENCERMINKAN KINERJA MASA DATANG.


0 comments:

Post a Comment