Tuesday, January 20, 2015

Membeli Reksadana Syariah di awal Tahun 2015

Di awal tahun 2015 ini penulis berencana untuk berinvestasi di reksadana saham syariah, investasi ini bertujuan untuk jangka panjang selama 5 tahun, maka penulis akan memilih reksadana syariah yang sudah memiliki umur minimal 5 tahun. Rencananya penulis hanya akan membeli 2 reksadana syariah saja.

Pada tahap awal penulis memfilter reksadana yang sudah memiliki umur 5 tahun dan memberikan return tertinggi untuk 5 tahun.

Berikut reksadana syariah yang sudah berumur 5 tahun dan memiliki return tertinggi, data berikut saya dapat dari www.bareksa.com.

reksadana syariah
Dari hasil tersebut diatas, kita dapati reksadana syariah yang memiliki return tertinggi untuk jangka waktu 5 tahun adalah (saya hanya akan memilih 3 teratas saja) :

1. Cipta Syariah Equity (95,93%)
2. BNP Paribas Pesona Syariah (90,16%)
3. Trim Syariah Saham (81,07%)

Saya akan mencoba mengevaluasi kinerja dari ketiga reksadana diatas berdasarkan artikel sebelumya mengevaluasi kinerja reksadana.


  • Melihat Kinerja Periodiknya dan Membandingkan dengan Tolak Ukurnya

Kita bisa melihat kinerja historis dari kinerja reksadana diatas dari fund factsheet  yang dikeluarkan MI setiap bulannya, dari fund factsheet kita bisa melihat kinerja reksadana tersebut selama periode 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, tahun berjalan (year to date), 3 tahun dan sejak peluncuran.
Dan kita juga bisa melihat kinerja reksadana tersebut dengan membandingkan dengan kinerja tolak ukur (benchmark).
Mari kita lihat kinerja dari masing-masing ketiga reksadana diatas berdasarkan fund factsheet periode dibulan desember 2014.

1. Cipta Syariah Equity :

fund fuctsheet

Berdasarkan gambar diatas kita bisa melihat kinerja dari Cipta Syariah Equity sejak perioder pertamakali diluncurkan tahun 2008 sampai dengan Desember 2014 selalu bisa mengungguli kinerja dari benchmarknya yaitu JII (Jakarta Islamic Index) dan Syariah Equity Index.
Untuk kinerja periode 1 bulan, 3 bulan, tahun berjalan (year to date) dan 1 tahun selalu mengungguli kinerja benchmark JII hanya periode 1 bulan saja yg kinerjanya sedikit dibawah benchmark.

2. BNP Paribas Pesona Syariah


Fund factsheet BNPParibas pesona syariah

Kinerja historis dari BNP Paribas Pesona Syariah sejak awal peluncurun tahun 2007 hampir selalu mengungguli benchmarknya, untuk kinerja periode 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, tahun berjalan, 3 tahun dan sejak peluncuran kinerjanya selalu diatas rata-rata benchmarknya. Trend ini sangatlah baik untuk sebuah kinerja reksadana.

3. Trim Syariah Saham

fund fact sheet trim syariah saham

Kinerja dari Trim Syariah Saham dibandingkan dengan kinerja benchmark hampir selalu mengungguli benchmarknya. Untuk kinerja historis periode 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, tahun berjalan (YTD), 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun kinerjanya selalu diatas rata-rata benchmarknya.


  • Melihat Kinerja Periodiknya dan Membandingkan dengan Reksadana Sejenis di Pasar
Sekarang kita akan membandingkan ketiga reksadana syariah diatas untuk kinerja selama 1 tahun terakhir dengan menggunakan tools dari www.bareksa.com. Untuk membandingkan kinerja lebih dari 1 tahun kita harus berlangganan terlebih dahulu.

Berikut grafik hasil perbandingan untuk kinerja selama 1 tahun :

Berdasarkan grafik diatas untuk kinerja 1 tahun terakhir, TRIM Syariah Saham mengungguli Cipta Syariah Equity dan BNP Paribas Pesona Syariah. Sedangkan Cipta Syariah Equity dan BNP Paribas Pesona Syariah bersaing secara ketat, walau pada akhirnya diakhir periode Cipta Syariah Equity lebih unggul.


  • Mengukur Dana Kelolaan 
Selanjutnya kita akan melihat dana kelolaan dari ketiga reksadana syariah tersebut, sebagai salah satu yang akan menjadi pertimbangan didalam mengambil keputusan untuk membeli reksadana.
Untuk dana kelolaan bisa kita peroleh dari www.bareksa.com secara gratis.

AUM Cipta Syariah Equity
AUM Cipta Syariah Equity

Dana kelolaan Cipta Syariah Equity secara trend kita bisa lihat di grafik selalu naik, dengan posisi terkhir sekitar 200 milyar.
AUM BNP Paribas Pesona Syariah

AUM BNP Paribas Pesona Syariah


Dana kelolaan BNP Paribas Pesona Syariah mengalami kenaikan secara konstant terlihat dari grafik, dengan nilai tertinggi mencapai 3T, menandakan bahwa reksadana ini dipercaya oleh para investor, walaupun diakhir tahun 2014 mengalami trend sedikit penurunan. Tetapi untuk suatu reksadana yang sudah memiliki nilai AUM sangat tinggi biasanya kendalanya adalah manajer investasi tidak bisa melakukan manuver dengan fleksible atau leluasa sehingga nilai return yang diperoleh menjadi kurang optimal.

AUM TRIM Syariah Saham

AUM TRIM Syariah Saham mengalami terus kenaikan, terutama di tahun 2014 ini nilainya bertambah secara signifikan, dengan nilai terakhir sebesar 1T.


  • Melihat Rating Reksadana Syariah

Gambar diatas adalah rating reksadana syariah yang saya ambil dari infovesta, ketiga reksadana tersebut memiliki rating yang cukup baik.

Setelah analisa kinerja diatas, kini saatnya penulis untuk memutuskan reksadana syariah mana yang akan dibeli.

Akhirnya penulis memutuskan untuk membeli 2 reksadana syariah saham  :

  1. Cipta Syariah Equity 
  2. TRIM Syariah Saham
Untuk membeli reksadana saat ini sudah tidak terlalu sulit, karena sekarang sudah ada super market reksadana yang menjual berbagai macam reksadana dari berbagai MI besar.

Untuk membeli reksadana secara online silahkan kunjungi Super Market Reksadana.





















0 comments:

Post a Comment